PROFIL KETUA UMUM

ANDREW A. SUSANTO
Ketua Umum AP2LI


Dibesarkan dalam keluarga pelaku dan pemerhati bisnis jaringan dengan ayah sebagai pelaku, konsultan, dan penulis buku mengenai bisnis MLM, Andrew Susanto menamatkan pendidikan menengahnya pada SMA Lab School Jakarta dan kemudian melanjutkan pendidikan tinggi pada Fakultas Teknik Jurusan Sipil di Universitas Tarumanagara Jakarta. Pada saat inilah dimulai karir MLM-nya dengan bergabung sebagai  Mitra Usaha (d/h Distributor) pada perusahaan penjualan langsung Mei Hwa dari Malaysia. Tahun 1998 bergabung sebagai Mitra Usaha pada perusahaan penjualan langsung Amway dengan orang tua sebagai upline yang tekun dijalaninya sampai mencapai peringkat  Platinum dan kemudian pada tahun 2004 menjadi salah satu pemasok produk lokal untuk Amway Indonesia. Dengan berjalannya waktu serta makin dikuasainya seluk beluk bisnis jaringan, pada tahun 2014 menjadi Advisor untuk perusahaan penjualan langsung MCI dan sejak tahun 2018 hingga sekarang sebagai Direktur Eksekutif pada perusahaan penjualan langsung Longrich Indonesia.
Pada tahun 2013 mendapat kesempatan untuk mengikuti Pendidikan Reguler Angkatan ke-50 pada Lembaga Ketahanan Nasional R.I. (Lemhannas R.I.). Kesempatan ini dimanfaatkannya untuk mempelajari berbagai aspek kebangsaan dan kepemimpinan bersama dengan para tokoh pimpinan berbagai bidang pemerintahan, baik sipil maupun militer dan kepolisian.
Kegemaran berorganisasi telah ada sejak muda. Semasa kuliah pernah menjabat Ketua Umum Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Tarumanagara. Di luar perkuliahan pernah menjabat sebagai Ketua Umum Ikatan Pemuda Tionghoa Indonesia (IPTI) serta berbagai organisasi kepemudaan seperti sebagai Ketua DPP Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI), Wakil Ketua Majelis Pemuda Indonesia (MPI). Selain organisiasi kepemudaan, aktif juga dalam berbagai organisasi kemasyarakatan seperti Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia (PSMTI) sebagai Wakil Ketua Umum dan Wakil Sekretaris Jenderal dalam Presidium Pusat Ikatan Sarjana Katolik Indonesia (ISKA). Dalam organisasi peserta didik Lemhannas bertugas sebagai Wakil Sekretaris Ikatan Alumni Lemhannas Koordinatoriat 50.
Dalam organisasi bisnis bersama rekan-rekannya pada tahun 2014 mendirikan Perhimpunan Perusahaan Penjualan Langsung Indonesia (P3LI) yang kemudian berkembang menjadi  Asosiasi Perusahaan Penjualan Langsung Indonesia (AP2LI) dan saat ini bertugas menjabat sebagai ketua umum AP2LI. Ketika ditanya mengapa tergerak untuk mendirikan asosiasi penjuaoan langsung, dijawab sudah saatnya Indonesia memiliki asosiasi di bidang penjualan langsung yang lebih nasionalis  yang berpihak dan memberikan ruang gerak lebih untuk perusahaan penjualan langsung lokal dan industri produk dalam negeri agar dapat tumbuh besar di negeri sendiri dan mampu bersaing dengan perusahaan penjualan langsung dari manca negara sehingga  kedepannya Indonesia tidak hanya menjadi sasaran market/pasar bagi perusahaan penjualan langsung dari manca negara namun perusahaan penjualan langsung dalam negeri juga dapat berkembang di manca negara.

STRUKTUR PENGURUS AP2LI

Dewan Pengawas
1. Thamrin Selamet
2. Hendra Thiemailattu
3. Rizky Puguh Wibowo

Pengurus Harian
Ketua Umum : Andrew A. Susanto, ST
Wakil Ketua Umum : DR. Ilyas Indra, SH, MH.
Sekretaris Umum : Yeremia M. Kurniawan
Bendahara Umum : Yuniy Gemining

Ketua Bidang Organiaasi dan Keanggotaan : Febrian Agung Budi Prasetyo
Anggota :
1. Krisna Wahyu Widodo
2. Rahman Pakaya
3. Yayan Sumaryono

Ketua Bidang Pembinaan dan Media : Zainal Hudha Purnama
Anggota :
1. Budiman Tanah Djaya
2. Gustin Pakaya
3. Erwin Ignatius Idamanto, RSA

Ketua Bidang Pengawasan dan Kode Etik : Hendra
Anggota :
1. Yono Tjhong
2. Sony Triangga Putra
3. Ika Triwulandari

Ketua Bidang  Hubungan Masyarakat dan Antar Lembaga : Ir. Sonny Isdiarto
Anggota :
1. Sub Bidang Perpajakan : Abdullah, A.Md.Ak
2. Sub Bidang BPOM & Bea Cukai : Agustinus Mangihuttua Marpaung
3. Sub Bidang MUI : Hendro Wibowo

Kepala Sekretariat AP2LI : Lely Widyasary
Pengacara AP2LI : Ardy Susanto, SH

© 2017 by AP2LI.

APPLI2.png
  • LinkedIn Social Icon
  • Twitter Social Icon
  • Google+ Social Icon